Powered By Blogger

WELCOME TO OUR BLOG. . tHis tiMe for KeDuBeS3 !! :D


. .KeDuBeS3. .

We are from different background with our own UNIQUE TALENTS. .

We fill our friendship with MILLION COLOR. .

. . KeDuBeS3 u will never forgetting . .

Kamis, 17 Maret 2011

Cara agar Tampilan Blog Enak Dilihat

Tampilan blog halaman awal (index) pada blog seringkali menjadi kontak pertama antara visitor dengan blog. Halaman utama dari blog yang baik dan cantik membantu visitor menjadi kerasan, dan kita sebagai owner blog berharapan baik bila visitor kita menjadi pelanggan tetap, terutama bagi visitor yang baru pertama kali berkunjung.

Agar bisa meraih hal tersebut, satu pertanyaan kunci disini, “Apakah anda tahu apa yang visitor inginkan (atau yang tidak diinginkan) saat mereka melihat halaman pertama dari blog kita ?”pegang pertanyaaan itu dan mulai kita jawab step-by-step.

Mungkin dapat dilakukan antara lain seperti dibawah ini :

1. Pemilihan themes yang tepat.

Themes yang baik akan membuat visitor merasa nyaman untuk berlama-lama berada di blog kita. Untuk membuat hal itu terjadi, kita bisa menciptakannya dengan menggunakan themes yang sesuai dengan tema blog kita. Saat ini banyak themes gratis yang dapat kita download dan kita pakai untuk blog kita. Atau bahkan kita bisa membuat themes sendiri sesuai dengan selera dan keinginan kita. Selain itu , pemilihan themes yang tepat dapat menumbuhkan rasa kepercayaan dari visitor. Karena visitor tidak dapat bertemu langsung dengan kita si pemilik blog.

2. Tagline yang singkat dan jelas.

Mungkin beberapa blog menggunakan banyak ruang di halaman pertama blog mereka dengan ucapan selamat datang menggunakan text berjalan atau yang dibuat dengan pop-up, bahkan ada pula yang menggunakan pop-up sampai berkali-kali. Atau pernyataan tentang visi dan misi yang demikian panjang, sehingga membuat para pengunjung mengantuk. Namun pernyataan tentang visi dan misi tersebut bertujuan untuk menjelaskan maksud dan tujuan dari blog anda serta rangkuman content blog anda secara keseluruhan. Hal tersebut dapat di siasati dengan mengubah visi dan misi menjadi sebuah pernyataan singkat (tagline) yang mengandung beberapa keyword-keyword penting. Yaitu dengan membuat satu baris kalimat singkat dan letakkan pada tempat yang mudah terlihat pada halaman pertama blog kita.

3. Meletakkan menu navigasi page/category.

Menu navigasi yang mudah dilihat sangat penting, karena visitors kurang menyukai jika harus tersesat di situs. Lakukan langkah-langkah berikut ini untuk memastikan bahwa hal tersebut tidak akan terjadi pada blog kita.

- Navigasi yang mudah di akses.

Menu navigasi dengan hanya menggunakan text standard lebih baik bila di bandingkan dengan navigasi yang menggunakan flash atau images, bahkan menu yang menggunakan javascript sekalipun dapat menjadi kendala ketika visitor mengakses blog kita dari gadget seperti PDA, Handphone atu browser-browser non-grafik. Untuk itu, jika memang tidak diperlukan hindari penggunaan flash atau image untuk menu navigasi. Karena tidak semua visitor mengakses kita melalui PC.

- Fungsi Pencarian.

Visitor akan merasa senang jika mereka dapat menemukan apa yang mereka cari di blog kita dengan cepat. Untuk itu, gunakan fasilitas pencarian pada blog guna memudahkan visitor mencari apa yang mereka inginkan.

- Sitemap

Sitmap berguna untuk memudahkan visitor melihat struktur blog kita secara keseluruhan dengan jelas, Dan dapat membantu visitor untuk menjelajah blog kita lebih dalam lagi. Selain itu, spider-spider mesin pencari seperti GoOgle boat menyukai sitemap untuk membantu mereka mengindeks seluruh blog.

4. Singkat dan sederhana.

Viusitor menyukai dam menginginkan blog yang di kunjunginya dapat segera memberikan informasi yang mereka harapkan. Untuk itu, halaman awal blog tidak perlu dijejali banyak artikel yang kurang penting. Namun cukup dengan menggunakan penggalan artikel atau bahkan judul-judul artikel saja. Karena selain menghemat tempat, juga dapat mempercepat proses loading blog kita.

5. Customization and Review.

Perhatikan penggunaan image

Buat tampilan blog kita berbeda dan mempunyai ciri tersendiri yang khas di antara blog-blog yang lain yang pernah ada. Tapi pastikan halaman pertama dari blog kita tampil sewaktu visitor meloadingnya.

Karena sebagian visitor hanya ingin melihat halaman situs web yang cepat sewaktu loading, yang tampak menarik, dan berisi informasi-informasi yang benar-benar berguna.

Kalau seandainya ingin menggunakan Animasi flash, paling tidak harus memperhatikan beberapa hal yang tidak akan membuat blog kita tampak kurang serasi.

► Pilih warna yang tepat :

Kombinasikan warna yang kontras dan menegaskan poin-poin penting. Hindari penggunaan warna yang mencolok. Warna-warna link standard membuat navigasi menjadi lebih mudah.

► Gunakan gambar-gambar yang bijak :

Pastikan bahwa gambar-gambar yang ada benar-benar meningkatkan tujuan dari situs kita. Kebanyakan visitor ingin membaca informasi, bukan melihat gambar-gambar yang indah dan keren yang hanya menambah waktu download yang tidak diperlukan saja. Jika kita terpaksa menggunakan gambar, pastikan untuk memperhatikan size (ukuran) dari gambar tersebut. Karena gambar yang besar hanya akan menghabiskan space host dan menambah lama waktu loading.

► Perbaiki kesalahan-kesalahan :

Hati-hati dalam penggunaan kode-kode. Kesalahan pemberian kode HTML yang sederhana dapat merusak halaman blog kita. Validasi kode HTML melalui http://validator.w3.org/ ini akan memberitahu anda jika terdapat kesalahan dan masalah-masalah yang terjadi pada kode. Mungkin itu dapat membantu.

Nah dengan itu anda pasti ingin mengundang para pengunjung datang ke blog anda. Tapi yang lebih penting, anda ingin mereka tetap selalu berada di situ dan menjadi pelanggan blog anda bukan ???

So, pada halaman depan blog kita adalah image penting. Buatlah seinformatif mungkin dan menimbulkan rasa ingin tahu. Buat blog anda tampil menarik di mata visitor dan buat visitor merasa kangen dan ingin kembali mengunjungi blog anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar